RSS Contact

Senin, 06 Desember 2010

Strategi Pemasaran Usaha Cuci Mobil dan Motor

Managemen adalah proses mencapai sasaran bersama dan melalui orang lain. Prosesnya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Perencanaan cuci mobil dilakukan dengan penentuan target penjualan. Berapa target mobil/motor yang dapat dicuci per hari, berapa per bulan. Dari target ini berbagai perencanaan untuk mencapai target dapat dilakukan. Besarnya target bisa dilihat dari berbagai aspek, kapasitas, misalnya berapa kapasitas mencuci sehari. Pengorganisasian meliputi masalah tenaga kerja yang utama, siapa saja dan berapa orang yang akan bekerja, serta apa tugas mereka. Petugas mencuci, dapat merangkap berbagai tugas lain.

Pelaksanaan dari manajemen adalah bersama karyawan untuk melayani pelanggan. Proses memeriksa kembali hasil cucian anak buah, sudah sempurna atau belum. Tentu dalam hal ini tertib administrasi sangat penting. Pencatatan uang masuk dari pelanggan dan pengeluaran untuk kebutuhan pencucian perlu di dokumentasi dengan sebaik-baiknya.

Persaingan usaha selalu ada di mana-mana. Untuk itu diperlukan cara-cara meningkatkan keunggulan produk. Perlu ditentukan kelas dari pembeli yang menggunakan jasa tersebut. Karena termasuk cuci motor, berarti kelas dari pembeli yang menggunakan jasa tersebut. Karena termasuk cuci motor, berarti kelas pembeli adalah menengah kebawah. Berarti keunggulan kelas atas bisa dibawah kelas bawah. Misalnya, tempat cuci yang bersih, dengan lantai keramik yang menarik, meskipun murah, menggunakan sabun salju dsb. Bisa juga menggunakan karyawan pencuci wanita, tentu akan menarik pengunjung, karena menunjukan kesetaraan antara karyawan laki-laki dan perempuan.

Untuk pertanyaan kedua, agar diminati pengunjung biasanya tergantung pada kesan pertama yang sangat menentukan. Berikan palayanan sebaik-baiknya, jangan sampai mengecewakan, sehingga mereka tidak kapok datang. Untuk itu pemilik harus melakukan kontrol sebaik-baiknya. Sikap ramah pada pengunjung juga penting. Meskipun demikian perlu disesuaikan. Ada pemilik kendaraan yang suka tidak suka bercerita. Ruang tunggu atau tempat duduk untuk tunggu harus bersih dan memuaskan. Karena di awal usaha merupakan hal yang diperhatikan. Kebersihan memang harus dijaga sekali. Timbulkan kesan positif bagi pengunjung, meliputi wujud fisik yang menarik, keramahan pencuci dan pemilik, menggunakan alat yang memang bisa diandalkan, tanggap terhadap masalah dari pelanggan terhadap mobil atau motor yang akan dicuci dan memberi jawaban yang memuaskan, serta kepastian dari kendaraan yang menjadi terpelihara. Bila kesan positif muncul, diharapkan konsumen akan datang lagi.

Upah karyawan, Upah karyawan dapat dilakukan dalam berbagai cara, terdapat kelebihan dan kekurangannya. Upah harian berarti tidak ada penundaan, dan uang akan segera akan diberikan dan jelas apa-apa yang telah dijalankan hari itu. Tetapi masalahnya adalah pemilik harus menunggu terus sampai usaha tutup untuk membayar upah. Hal ini menyebabkan pemilik tidak dapat berkembang karena hanya mengurus upah saja setiap malam. Berbeda halnya dengan upah mingguan yang memberi kesempatan pemilik hanya berpikir gaji hari jumat atau sabtu saja. Waktu yang lain bisa dimanfaatkan lebih efisien untuk mengembangkan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...