RSS Contact

Minggu, 22 Agustus 2010

Menentukan Harga dan Bagi Hasil Usaha

Dalam menetapkan harga jual produk, terlebih dahulu kita harus menghitung biaya produksinya, yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk hingga sampai ke tangan konsumen. Adapun biaya tersebut :

~ Biaya variabel, adalah biaya untuk memproduksi produk yang dihasilkan untuk memproduksi produk yang dihasilkan disesuaikan dengan kapasitas produksi. Otomatis biaya variabel terkait dengan tingkat penjualan. Contohnya : bahan baku, biaya pengemasan/packaging dan promosi.

~ Biaya tetap, adalah biaya yang rutin harus dikeluarkan tanpa terpengaruh kapasitas produk dihasilkan. Otomatis tidak dipengaruhi tingkat penjualan. Contohnya : biaya gaji, listrik, telepon, sewa tempat, dan lain-lain.

Setelah mengetahui biaya produksinya maka kita bisa menetapkan harga jual impasnya. Secara sederhana dapat kita rumuskan bahwa harga jual impas yaitu semua biaya produksi (baik biaya variabel maupun biaya tetap) dibagi dengan jumlah unit produksi. Repotnya jumlah unit itu juga mempengaruhi biaya variable. Jadi bagaimana ? ini langkahnya :

Contoh penjualan meja tv :
1. Tentukan dulu berapa jumlah meja TV yang ingin dihasilkan (kapasitas produksi), misal saja 10 unit meja TV

2. Dari 10 unit tersebut, berapa biaya variabelnya, misalnya Rp.150.000

3. Dengan kapasitas 10 unit itu, berapa biaya tetapnya, misalnya Rp.50.000

Nah, harga jual impasnya : (150.000+50.000x10)/10 unit = Rp.200.000 unit. Ini harga jual impasnya, namun belum ada untung. Jadi kalau dagangan habis semua, anda belum untung cuma habislah buat ongkos.

Menentukan untung. Pada prinsipnya harga jual harus dapat menutupi biaya produksi ditambah dengan laba yang wajar. Karena itu rumusan harga jual sama dengan biaya produksi ditambah besar keuntungan yang diinginkan. Namun, dalam menentukan harga perlu pertimabangkan persaingan dan tren produk, besarnya permintaan, segmentasi pasar yang dituju, serta tujuan usaha. Secara umum dalam penetapan harga jual, anda harus menentukan berapa besar keuntungan yang ingin didapatkan dari setiap penjualan produk.

Nah, untuk mencapai laba yang diinginkan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga yang tepat untuk produk yang akan dijual. Harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Ada sejumlah cara dalam menetapkan harga meliputi :

~ Strategi perusahaan meliputi rencana produksi dan pemasaran.
~ Perluasan produk sehingga produk dipandang berbeda dari produk lain yang bersaing dalam mutu atau tingkat pelayanan konsumen.
~ Biaya dan harga pesaing
~ Ketersediaan dan harga dari produk pengganti

Bagi hasil. dalam pembagian keuntungan usaha pun dilaksanakan sesuai alurnya. Umumnya pada usaha yang berbadan hukum seperti usaha perorangan, usaha dagang (UD), maka pembagian usaha dapat diatur secara proporsionil sesuai dengan kontribusi modal, atau sesuai kesepakatan antara pemilik dengan pengelola.

Contohnya penyumbang modal paling besar akan mendapatkan keuntungan paling besar pula sementara pemodal dengan kontribusi paling kecil mendapat bagian keuntungan lebih kecil. Bisa juga terjadi pemilik modal adalah sekaligus pengelola. Bagi pihak pengelola tentunya dapat diberikan gaji sesuai dengan pekerjaannya. Jika modal dan pengelolaan dimiliki dan dijalankan sama besar, maka pembagian keuntungan usaha bisa dibagi sama besar. Selama usaha belum stabil pemasukkannya masing-masing pihak dapat bersepakat untuk tidak menerima gaji terlebih dahulu. Begitu pemasukan usaha stabil, para pengurus baru dapat diberikan gaji. Dengan demikian, keuntungan usaha baru dapat dibagikan saat usaha menghasilkan keuntungan.

2 komentar:

jauhari mk, MM mengatakan...

saya setuju dengan metode, dan metode ini memang cocok untuk bisnis yang memiliki stock dan ingin mempercepat perputaran uang.
saya juga membuat tulisan mengenai penetapan harga seperti ini beserta detail penjelasannya. jika ingin di lihat bisa di baca di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2011/10/men-setting-harga-jual-untuk-bisnis.html

salam

Agung Sundoro mengatakan...

terima kasih mas atas saran nya, yup mungkin kita saling berbagi artikel mas, :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...