RSS Contact

Rabu, 01 September 2010

Kiat Memasarkan Buah-Buahan Di Mal

Dalam beberapa tahun belakangan ini, buah-buahan dan sayur-sayuran memang menjadi komoditi yang cukup menjanjikan karena produk yang tadinya hanya bisa dibeli di pasar-pasar tradisional ini sejak beberapa tahun belakangan mulai "naik kelas" menjadi komoditi bisnis di supermarket bahkan merambah hingga ke hypermarket. Sehingga sayur-sayuran dan buah-buahan yang tadinya adalah produk biasa-biasa saja kini menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Buah-buahan seperti mangga, pepaya, jambu (air ataupun biji), dan sebagainya. Ketika masuk supermarket di sebuah mal, harga perkilogramnya bisa naik 2-3 kali lipat dibandingkan jika dijual dipasar tradisional. Pasalnya hampir semua produk yang dijual di mal tidak semata-mata menjual barang, tapi plus gengsi. Harga sebuah gengsi inilah yang kadangkala jauh melebihi harga produknya.

Potensi pasarnya sangat besar, karena kini konsumen cenderung lebih menyukai konsep One Stop Shopping dimana ia cukup datang ke sutu tempat, apapun yang ia butuhkan sudah tersedia. Dan kini banyak supermarket dan mal yang sudah menerapkan konsep tersebut. Yang harus diperhatikan adalah menjaga kualitas produk agar tidak mengecewakan konsumen. Misalnya anda menjual jambu biji, maka anda harus memerhatikan bahwa setiap butir jambu yang anda jual benar-benar layak dimakan, dan tidak sekedar layak jual. Anda harus selalu berusaha agar buah-buahan selalu terlihat segar. Jika memungkinkan setiap 1 jam berikan sedikit percikan air pada jambu-jambu tersebut. Setiap 1 buah jambu selalu ada 2 helai daun jambu. Ini akan membuat jambu-jambu terlihat alami dan segar. Memang lebih bagus lagi jika jambu-jambu tersebut dikemas dalam plastik yang didalamnya tercantum merk. Ini untuk membedakan produk anda dengan produk yang berasal dari supplier lain. Jika memungkinkan berikan garansi kepada konsumen. Misalnya, "jika jambu yang anda beli busuk atau rusak didalamnya, uang anda dikembalikan 100%". Ini akan membuat konsumen merasa lebih yakin, aman dan nyaman.

Jika hanya sekedar menjajakan buah jambu, menurut saya tidak perlu menggunakan SPG. Namun jika anda mengemas produk jambu tersebut menjadi banyak varian, maka kehadiran seorang SPG memang dibutuhkan. Misalnya, dengan bahan dasar jambu, anda menciptakan beberapa produk seperti Juice jambu, bubur jambu hingga jenang jambu, maka produk-produk ini bisa anda promosikan secara khusus, karena memang ada hal-hal istimewa yang anda jual. Kehadiran SPG yang mampu menjelaskan product knowledge mulai dari khasiat, manfaat, komposisi, cara penyajian akan membuat produk-produk ini menarik pembeli.

Agar produk tersebut terus diminati, yang penting adalah terus menjaga kualitas produk. Jangan sampai anda mengorbankan kualitas demi mengejar kuantitas. Karena jika anda sudah berhubungan dengan pihak supermarket atau mal, maka kemampuan kuantitas sangatlah dibutuhkan. Kapasitas produksi harus terjaga dan sesuai dengan target yang ditentukan pihak supermarket. Oleh karena itu anda harus selalu menjaga ketersediaan produk yang tetap berkualitas. Kegiatan promosi sebaiknya memang dijadwalkan. Ada promosi tetap yang dilakukan setiap bulan, misalnya diskon 20% setiap tanggal 20-25. Mengapa tanggal itu? karena pada tanggal itu biasanya mal-mal lebih sepi pengunjung. Berbeda dengan akhir dan awal bulan yang setiap mal pasti dipenuhi pengunjung. Anda juga terapkan diskon-diskon khusus bagi produk-produk yang hampir mendekati masa expired date. Setiap produk sudah mulai layu langsung lakukan cuci gudang. namun jika produk sudah tidak layak jual (walaupun masih layak makan), segera tarik produk tersebut dan ganti dengan yang baru. Tidak perlu melakukan oplosan antara produk baru dengan produk lama, karena secara marketing, cara ini justru akan merugikan kita di masa yang akan datang. Tetap konsisten untuk hanya menjual produk-produk yang benar-benar fresh dan berkualitas.

Terakhir, juallah hanya produk-produk pilihan, jangan memaksakan menjual produk-produk yang kualitasnya dibawah produk yang ada. Tetap konsisten, walaupun produk anda sudah memiliki banyak pelanggan. Jangan mengurangi kualitas produk sekecil apapun itu. Buatlah kemasan yang menarik dan aman. Juallah hanya buah-buahan yang masih segar dan tata sedemikian rupa agar terlihat bersih dan menarik. Dengan cara-cara tersebut saya yakin bisnis buah-buahan anda akan berkembang pesat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...